SEO off page

Bagaimana supaya web kita muncul di mesin pencarian google? Maka jawabannya SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Ini artinya, kita mengoptimasi website untuk mendapat peringkat di mesin pencari. SEO mempunyai tujuan untuk menambah jumlah kunjungan atau trafik pada sebuah website atau blog yang bersumber dari mesin pencari. Atau biasa disebut, hasil pencarian organik. Caranya, dengan mengikuti mekanisme sistem algoritme search engine itu sendiri. Tujuan dari SEO adalah, menempatkan suatu website pada posisi halaman pencarian teratas. Dan atau, minimal halaman kesatu hasil penelusuran. Untuk keyword tertentu. Yang ditargetkan.

Secara logika, web yang menduduki posisi teratas pada hasil penelusuran, memiliki peluang lebih banyak untuk dikunjungi oleh pengguna. Dengan semakin meningkatnya penggunaan internet dalam kehidupan sosial. Dalam hal ini, setiap orang memfungsikan internet untuk mencari kebutuhannya, baik berupa informasi, layanan jasa maupun produk. SEO di dalam dunia digital marketing memegang peranan penting. Bahkkan bisa dianggap ia sebagai pemain utama, selain promosi menggunakan iklan-iklan. Trend pemasaran online dewasa ini, membuat SEO menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan. Karena maraknya juga banyak yang membuka jasa penulis artike SEO.

SEO off page

Dalam SEO, istilah off-page optimization mengacu pada factor-faktor yang tidak berhubungan dengan halaman yang ada di website atau blog Anda. Jika on-page SEO berhubungan dengan website seperti internal links, konten, internet link, dan keywords, SEO off-page berhubungan dengan link building atau back linking.

Untuk meraih tujuan penggunaan SEO, tidak cukup hanya dengan peduli pada website dan produk-produk Anda. Melainkan Anda juga harus berusaha untk meningkatkan reputasi yang baik sehingga calon pelanggan berkeinginan untuk mengunjungi dan mempelajari lebih jauh mengenai website dan bisnis Anda.

Di saat seseorang mencari informasi mengenai sebuah produk tertentu, umumnya mereka biasanya sudah punya pendapat sendiri berdasarkan komentar atau dari sahabat, kerabat, dan keluarga, atau kenalan di dunia maya, juga informasi apapun yang bisa mereka dapatkan baik online maupun offline. Off-page SEO pada dasarnya memberi tahu mesin pencarian seperti Google, yakni bagaimana pendapat pengunjung mengenai website Anda dapat membantu website Anda menjadi sebuah website otoritas dengan meningkatkan visibilitasnya. Teknik ini juga membuat pengunjung menyebut produk-produk Anda dan menautkannya ke artikel website Anda. Namun, banyak yang berpikir bahwa ­off-page SEO hanyalah link building. Padahal ada beberapa cara lain dalam mengoptimalkan penggunaan off-page SEO.

Strategi Baru Mengoptimalkan Off Page

Metode baru off-page ini bisa dibilang masih sangat works untuk dilakukan, berikut ini beberapa list strategi terbaru off-page SEO yang bisa anda terapkan.

Pertama, media social. Hampir semua orang mempunyai media social seperti instagram, facebook, twitter, line, dan lain-lainnya. Selain social media berguna untuk bersosialisasi dan bersenang-senang, ia juga bisa digunakan untuk SEO off-page. Ini merupakan cara yang baik untuk meningkatkan traffic pengunjung. Meskipun link yang Anda temukan di media sosial biasanya adalah no-follow links, bukan berarti link tersebut tidak berharga. Mempromosikan produk-produk Anda di jejaring sosial dapat membantu dalam menaikkan traffic yang bisa dibilang cukup signifikan. Semakin banyak orang yang menemukan, mengikuti, dan melihat profil Anda, semakin besar kesempatan mereka untuk mengunjungi website atau blog Anda. Media sosial dapat menjadi link ekstra yang mengarahkan calon pengunjung ke website melalui profil Anda.

Kedua dengan local SEO. Dengan semakin meningkatnya penggunaan smartphone dan koneksi internet yang semakin baik pula, metode Local SEO juga semakin populer. Meskipun terlihat sama dengan SEO biasanya, kedua SEO ini sangat berbeda. Local SEO hanya berfokus pada memberikan hasil yang berkaitan dengan lokasi pengguna saat itu. Untuk menggunakan Local SEO, anda dapat menggunakan google place for bussines dan lengkapilah semua informasi yang dibutuhkan serta sinkronisasi dengan akun Google+ Anda. Google akhir-akhir ini mengatakan bahwa 87 persen orang menggunakan ponsel mereka ketika di dalam perjalanan. Selain itu, 95 persen pengguna ponsel mencari informasi lokal melalui handphone mereka.

Ketiga, link building. Metode link building ini adalah metode dari off-page yang paling popular di kalangan blogger dan juga sangat efektif. Pada dasarnya ketika Anda memberikan link eksternal di dalam artikel atau konten Anda, Anda akan berusaha mengumpulkan votes sebanyak mungkin guna untuk menaikkan peringkat dan mengungguli semua kompetitor Anda. Serupa dengan artikel, pastikan Anda mendapatkan backlinks yang juga berkualitas. Backlinks yang banyak namun tidak berkualitas tidak akan lebih baik dibandingkan sedikit backlinks namun berisi link yang berkualitas. Terdapat beberapa faktor yang menentukan kualitas sebuah link, seperti artikel yang relevan dengan isi konten Anda, Website yang terpercaya, Teks untuk link harus mendeskripsikan konten dari link target dalam beberapa kata, Popularitas dari backlinks, Link natural dan tidak berbentuk seperti javascript

Natural link merupakan link yang paling disukai oleh mayoritas mesin pencari. Natural link berarti website Anda banyak disukai oleh pemilik website lain dan memberikan link menuju website Anda karena sesuai dengan isi artikel mereka. Mendapatkan natural link juga tidaklah suatu perkara mudah. Cara yang terbaik adalah dengan mengunggah artikel yang memiliki kualitas yang bagus dan layak dijadikan backlink di website mereka. Bila Anda menggunakan cara-cara lama yang hanya mementingkan kuantitas saja, bersiaplah adna untuk terkena penalti dari mesin pencari.

Factor Off page SEO

Berikut adalah terdapat beberapa faktor penting yang membantu metode off-page SEO dan menaikkan peringkat halaman Anda yang bisa anda terapkan.

Pertama, anchor text. Anchor text adalah teks yang dijadikan sebagai hyperlink. Dalam meangaplikasikan off-page SEO, ada baiknya Anda memberikan keyword yang sesuai untuk link tersebut sehingga dapat membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi website Anda dan mengetahui keyword yang akan diberi peringkat. Pastikan anchor text yang digunakan merupakan gambaran dari isi konten dari link yang diberikan. Gunakan juga anchor text yang bervariasi supaya lebih disukai oleh algoritma terbaru dari Google.

Kedua, kecepatan link building. Kecepatan link building merupakan salah satu faktor penting dalam ­off-page SEO. Namun, link building yang terlalu cepat juga akan dianggap tidak wajar oleh mesin pencari dan bisa berakibat sebuah penalti (terutama bila website Anda masih tergolong baru). Mesin pencari umumnya dapat mengetahui kecepatan link building yang baik, sehingga mendapatkan 1.000 link berkualitas rendah dalam satu hari ketika website Anda hanya berumur kurang dari sebulan tidak terlihat wajar. Selama Anda tidak menggunakan alat otomatis yang menjanjikan ribuan link dalam satu waktu, Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Ketiga inbound link. Dalam menaikkan peringkat website Anda di mesin pencari, biasanya adalah dengan melihat banyaknya link yang ditujukan ke website atau blog Anda. Penggunaan hyperlink yang ditujukan ke website Anda dapat dihitung sebagai suara dukungan bagi website Anda. Semakin banyak link menuju website Anda, semakin banyak suara dukungan Anda di mata Google dan beberapa mesin pencari lainnya. Ada baiknya pula jika link tersebut berasal dari berbagai domain berbeda.

SEO off page
Kembali ke Atas