Jenis Ular Kobra di Indonesia

Bagi pecinta reptil, ular memang dapat dijadikan binatang peliharaan. Namun, beberapa jenis ular termasuk ular berbisa yang berbahaya, misalnya kobra. Oleh karena itulah sebaiknya memelihara ular yang tidak berbisa. Berikut beberapa jenis kobra yang ada di Indonesia.

  1. King cobra

King cobra (Ophiophagus hannah) adalah ular berbisa yang bersifat kanibal dan menjadi salah satu agen pengendali populasi ular lainnya di alam.

Tak hanya karena sifat kanibalnya, ular ini diseut raja juga karena fisiknya yang kuat serta bisanya yang sangat beracun (ular kobra nomor 2 paling mematikan setelah kobra India).

  1. Kobra Jawa

Kobra Jawa (Naja sputatrix) merupakan jenis kobra yang dapat ditemukan di Pulau Jawa. Layaknya king cobra, ular ini juga memiliki tudung yang akan dikembangkannya ketika merasa terancam.

Tidak seperti king cobra yang tidak mampu menyemburkan bisa, kobra Jawa dapat menyemburkan bisa ke mata sasaran ketika merasa terancam sehingga korbannya dapat mengalami kebutaan. Bidikannya ketika menyemburkan bisa cukup akurat sehingga perlu diwaspadai.

  1. Kobra Sumatera

Naja sumatrana alias kobra Sumatera merupakan jenis ular kobra yang dapat ditemukan di Pulau Sumatera, Bangka, dan juga Pulau Kalimantan. Meski tidak berbeda jauh dari kobra Jawa, kobra Sumatera memiliki ukuran tubuh yang lebih pendek dan kemampuan reproduksi yang lebih rendah dari kobra Jawa.

 

 

Jenis Ular Kobra di Indonesia
Kembali ke Atas