GTF

helping won't reduce you

Menggunakan Format Zip Di Andorid Ternyata Tidak Ribet, Berikut Rahasia Cara Zip File di Android Secara Praktis dan Cepat

Dalam pembuatan dan pengumpulan dokumen, seringkali kita diminta untuk mengumpulkan atau mengarsipkan beberapa file dalam satu folder yang bertujuan untuk memudahkan masalah penyimpanan. Folder tersebut dapat dalam format zip ataupun rar. Zip merupakan suatu format arsip file yang dapat berisi satu atau beberapa file dalam satu folder arsip.

Mengapa Perlu Membuat File Zip?

File zip sering diperlukan ketika pengumpulan file seperti persyaratan aplikasi kerja, tugas kuliah, dan lainnya. Selain berguna untuk mengompresi agar ukuran file mengecil secara keseluruhan, pembuatan file zip juga ditujukan untuk memudahkan Anda dalam memindahkan file dari satu folder ke folder lain tanpa harus memindahkannya satu per satu. Tidak hanya di laptop dan komputer, Anda juga dapat membuat file zip di ponsel pintar Anda secara praktis dan cepat.

Bagaimana Cara  Zip File di Android  Bisa Diterapkan?

Berikut ini beberapa cara membuat zip di windows  dan Android yang dapat Anda lakukan dimanapun dan kapanpun, dengan maupun  tanpa menggunakan aplikasi. Yuk baca penjelasannya.

1.    Menggunakan File Manager

Cara ini dapat dibilang cara yang paling sederhana karena Anda tidak perlu repot-repot menambahkan aplikasi lain ke dalam ponsel pintar. Bagi Anda yang masih merasa awam, yuk simak caranya berikut ini ya.

Pertama, Anda hanya perlu memilih folder penyimpanan tempat file disimpan. Kedua, pilihlah file. Ketiga, pilihlah  menu lainnya atau yang ada pada simbol titik tiga. Selanjutnya pilih ‘Kompres’ dan berikan nama folder. Anda hanya perlu menunggu beberapa saat hingga file arsip Anda siap.

Ada hal yang perlu Anda ingat bahwa menu pada setiap android akan berbeda satu sama lainnya. Cara di atas merupakan cara penerapannya secara umum saja. Untuk cara lainnya,  bergantung pada tipe android yang  Anda gunakan.

  1. Menggunakan Aplikasi RAR

Cara ini dapat Anda lakukan apabila Anda merasa kesulitan ketika tidak menggunakan aplikasi. Para pemula maupun profesional bisa menggunakannya.

Pertama, Anda harus mengunduh aplikasi RAR melalui Playstore dan menjalankannya. Kedua, cari dan pilih folder serta file yang ingin Anda arsipkan. Ketiga, klik ikon bertanda ‘+’ dan beri nama. Jika Anda ingin mengunci dan mengamankan file arsip tersebut, Anda dapat menambahkan password. Lalu, klik OK.

3.    Menggunakan Aplikasi Root Explorer

Aplikasi lain yang bisa Anda gunakan adalah Root Explorer. Untuk menggunakan pertama-tama Anda harus mengunduh aplikasi tersebut melalui Playstore.  Kemudian, cari dan pilih file yang Anda ingin arsipkan. Setelah itu,  tekan dan tahan file atau folder tersebut yang selanjutnya akan muncul beberapa opsi. Pilih ‘Zip this folder’ dan tunggulah beberapa saat. Untuk melihat hasil file yang telah diarsipkan, di akhir proses akan muncul kotak dialog. Anda cukup memilih ‘Go to zip’.

  1. Menggunakan Aplikasi Es File Explorer

Aplikasi selanjutnya yang dapat menjadi alternatif adalah Es File Explorer yang juga dapat Anda unduh melalui Playstore. Yang perlu Anda perhatikan adalah pada aplikasi ini, Anda hanya bisa mengarsipkan atau mengompresi file satuan atau dengan kata lain bukan dalam bentuk folder.

Setelah menjalankan dan memilih file yang ingin diarsipkan, Anda hanya perlu mengklik simbol titik tiga di ujung lalu pilih opsi ‘Compress’ dan tunggu beberapa saat.

Sebuah cara yang cukup praktis dan cepat untuk membuat file zip di android, bukan?. Anda dapat menggunakan cara tersebut sesuai kebutuhan dan preferensi Anda. Selamat mencoba ya.

Menggunakan Format Zip Di Andorid Ternyata Tidak Ribet, Berikut Rahasia Cara Zip File di Android Secara Praktis dan Cepat
Kembali ke Atas