Cara Membuat Hyperlink Di Powerpoint Hanya Dalam Hitungan Detik

Normalnya, setiap slide dalam powerpoint akan tampil secara urut ketika seseorang telah menekan tombol keyboard. Tetapi dengan pengaturan hyperlink, seseorang bisa menampilkan slide khusus sesuai yang ingin ditampilkan. Lantas, bagaimana cara membuat hyperlink di powerpoint tersebut?

Perpindahan dari satu slide ke slide lain yang diharapkan memang harus dilakukan pengaturan. Penyisipan hyperlink ini menjadi pengaturan yang paling dibutuhkan. Karena, hyperlink inilah yang akan menghubungkan antar slide sehingga lebih mudah untuk dijangkau.

Perpindahan ini tidak hanya sebatas menuju slide dalam file yang sama. Melainkan bisa juga masuk ke file lain yang letaknya terpisah dari powerpoint. Contohnya ialah memindahkannya ke tempat di mana file berformat PDF akan ditampilkan.

Obyek yang Digunakan Sebagai Hyperlink

Dalam penerapan cara membuat hyperlink di powerpoint, dibutuhkan sebuah tombol yang nantinya dapat seseorang gunakan. Pengguna hanya perlu mengetuk tombol tersebut jika ingin pergi ke slide yang diharapkan.

Biasanya, tombol ini terbuat dari berbagai jenis obyek. Tentunya, menyesuaikan dengan keinginan dari pembuatnya. Anda bisa mencari informasi lebih jelasnya di situs neotekno.com.

Umumnya, obyek yang digunakan ialah bentuk shape. Biasanya diikuti dengan penyematan sebuah teks di dalam shape. Misalnya step 1 yang menandakan bahwa shape tersebut jika diklik akan mengarah pada slide pertama.

Obyek lain yang dapat digunakan adalah teks itu sendiri. Anda mungkin telah membuat list dalam slide awal. Di sini, Anda menyisipkan hyperlink di tiap list untuk memudahkannya dalam mengakses ke materi tersebut.

Sama halnya dengan teks, penggunaan gambar khusus pun bisa dimaksimalkan. Tetapi yang paling mudah ialah menggunakan kombinasi dari teks dan gambar secara bersamaan.

Cara Menyisipkan Hyperlink di PPT

Kenyataannya, hyperlink ini bisa digunakan untuk mengarahkan seseorang ke berbagai lokasi. Bukan hanya sekedar dalam file yang sama saja. Maka dari itu, penyisipan hyperlink pun sedikit berbeda.

  1. Menambahkan Hyperlink ke Slide Lain

Cara membuat hyperlink di powerpoint ini biasanya diterapkan setelah Anda membuat PPT secara utuh. Kemudian, barulah Anda mencoba untuk mengaturnya agar bisa dipresentasikan dengan lebih mudah.

Misalnya jika hanya menghubungkannya dalam satu file, maka caranya tentu jauh lebih mudah.

Langkahnya ialah dengan membuat obyek yang ingin dijadikan pintu masuk. Contohnya adalah teks. Silahkan buat saja tulisan yang diinginkan.

Blok tulisan tersebut. Kemudian, tekan insert dan pilih Link/Hyperlink. Pada jendela yang muncul, cukup pilih menu Place in This Document. Kemudian, pilih slide yang dimaksud dengan klik pada slide yang tampil. Baru tekan OK untuk menyelesaikan pengaturan.

  1. Menambahkan Hyperlink ke Dokumen Lain

Jika ingin mengarahkan link tersebut ke file atau web lain, Anda pun bisa melakukannya. Anda hanya perlu membuat obyek khusus yang dijadikan sebagai pintu masuk.

Khusus untuk menuju ke dokumen lain, silahkan blok obyek yang sudah dibuat. Kemudian, tekan Insert dan Link.

Pada jendela yang muncul, menu yang dipilih adalah Existing File or Web Page. Pada kolom look in, silahkan cari file yang tersimpan dalam komputer. Kemudian, pilih serta tekan OK.

Sementara bagi yang ingin membuka halaman web, caranya sama. Hanya saja, Anda hanya perlu memasukkan url di kolom Address. Setelah itu, tekan OK.

Selagi file yang dituju ini tidak mengalami perubahan tempat atau nama, hyperlink yang telah dibuat pun tetap berfungsi dengan baik. Sebaliknya jika mengalami perubahan, hyperlink ini pun harusnya diubah.

Itulah bagaimana cara membuat hyperlink di powerpoint. Kuncinya adalah menyediakan obyek di mana link akan ditanamkan. Dan cara menyematkannya disesuaikan dengan jenis hyperlink yang diharapkan.

Cara Membuat Hyperlink Di Powerpoint Hanya Dalam Hitungan Detik
Kembali ke Atas